Jumat, 15 September 2017

PAGELARAN PENGANTIN SEMARANGAN DAN FESTIVAL KULINER KOTA LAMA 2017

Melihat adanya berbagai kendala dalam pelestarian cagar budaya di Kota Lama, seperti kepemilikan bangunan, perawatan bangunan yang telah berusia tua, lingkungan sosial yang perlu ditingkatkan menjadi social capital, serta keterancaman lingkungan akibat iklim.
Kawasan Kota Lama menyimpan potensi yang luar biasa; termasuk masyarakatnya yang proaktif untuk tetap mempertahankan dan melestarikan Kawasan Kota Lama.

Tahun 2012, Oen’s Semarang Foundation (OSF) mengawali kegiatan di Kota Lama dengan menggelar Festival Kota Lama. Festival ini muncul dengan harapan dapat menjadi pemicu agar masyarakat mengenal, tertarik, serta turut bergerak bersama dalam melestarikan kawasan ini.
Dukungan dari Badan Pengelola Kawasan Kota Lama yang terbentuk pada tahun 2007 serta masyarakat luas menjadi pendorong untuk secara rutin menggelar acara tersebut.
Dalam perkembangannya, di tahun 2015, Kota Lama Semarang masuk dalam “tentative list” UNESCO, yaitu nominasi daerah yang berpotensi menjadi Warisan Dunia (World Heritage).

Dengan adanya predikat tersebut, Kota Lama diarahkan menjadi daerah tujuan wisata internasional. Tentu dibutuhkan penataan dan pengelolaan secara lebih baik dari hari ke hari; baik bangunan, lingkungan maupun masyarakatnya sehingga layak sebagai sebuah destinasi wisata internasional.
Tidak lagi menunggu siapa yang akan memulai, siapa yang berwenang, siapa yang memiliki tanggung jawab, “kerja bersama” antara masyarakat, pemerintah, institusi pendidikan, dan komunitas harus dimulai dari sekarang.

Maka tahun 2017, OSF bekerja sama dengan “AMBO” sebagai stakeholder Kota Lama yang beraktivitas di Kota Lama sehari-hari; “Vrienden van Kota Lama”, rekan-rekan yang peduli dengan Kota Lama, yang beberapa diantaranya berdomisili di Belanda; serta masyarakat dan komunitas yang ada di kota Semarang yang turut peduli Kota Lama menyelenggarakan Festival Kota Lama 2017.
Sesuai target, Festival Kota Lama ke-6 ini diharapkan menjadi kegiatan berskala internasional dengan bekerja sama dengan beberapa pihak dari mancanegara.

Tahun 2016, Festival Kota Lama digelar di dekat Polder Tawang
Tahun kelima, 2017, Festival Kota Lama ini berlokasi di dekat Gereja Blenduk,




Tidak ada komentar:

Posting Komentar